Sejarah, Konsep dan Penerapan Media Baru di Berbagai Situs Internet

Munculnya internet dan media baru pastinya sudah membantu semua orang dalam bidang tertentu. Dengan adanya internet dan media baru ini memudahkan masyarakat dalam mengakses sesuatu, seperti informasi berita dan lainnya. Berikut adalah pembahasan yang bisa membantu kalian dalam mengenal dan memahami perkembangan internet dan media baru.

Sejarah Internet





Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET"(Advanced Research Project Agency Network) baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Media Baru

Media Baru adalah istilah yang dimaksudkan  untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir  abad ke-20. Media Baru merupakan sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam jaringan.Secara sederhana media baru adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum dan lain-lain yang menggunakan komputer sebagai medianya.

Pandangan Terhadap Media Baru

Pandangan terhadap new media dapat berpengaruh positif dan negatif. Berpengaruh positifnya info dari media sangat mudah dan sangat cepat,dapat di akses di mana pun serta mendapatkannya sangat lah murah. Pengaruh negative new media terhadat manusia adalah info dari media tersebut tanpa batas dan dapat masuknya budaya luar melalui media baru ini,jika tidak di dasarkan kepada ilmu pengetahuan maka akan menimbulkan hal-hal yang negative terhadap masyarakat.

Manfaat Media Baru

Bidang Sosial

Dalam bidang ini banyak menyita perhatian masyarakat misalnya saja berbagai macam jejaring sosial yang sekarang di minati masyarakat seperti facebook, twitter, skype, yahoo messenger, my space, hello dll. Dengan menggunakan jejaring sosial ini dengan mudah dapat menjalin komunikasid dengan semua user dibelahan dunia manapun.

Bidang Industri/Bisnis

Dalam bidang ini memudahkan bagi siapa pun yang ingin menawarkan/mempromosikan produk tertentu sehingga tidak susah susah untuk membuka toko dan promosi langsung didepan konsumen, melalui new media pedagang dapat mempromosikan produk nya melalui membuka online shop, bisa melalui facebook, twitter atau kaskus.

Bidang Pendidikan

Dalam bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan materi yang di inginkan. Bisa melalui search engine kita bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar informasi.

Komponen Media Baru

Pada new media ada beberapa komponen seperti pembuat, penyalur dan pemakai juga media yang digunakan  agar dapat berhubungan dengan new media, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Produsen merupakan orang yang menciptakan wadah atau sarana new media itu sendiri komponen ini berperan sebagai pencipta atau pembentuk new media.
  • Distributor adalah sebuah perantara yang menghantarkan sarana media atau bisa disebut media yang berfungsi mengahantarkan pemakai untuk memakai sarana itu sendiri. 
  • Konsumen adalah orang yang berperan sebagai konsumen sebuah sarana media atau new media yang berfungsi untuk memakai new media.

Aplikasi New Media

Sebagai Sarana Hiburan

Digunakan untuk melihat, mengupload atau bahkan mendownload sebuah video di internet contohnya seperti Youtube, Nimo Tv dan lain-lain.

Sebagai Jejaring Sosial

Fasilitas di bidang jejaring social dimana masyarakat bisa mengupdate status, upload photo, video call dll. Contohnya seperti Facebook, Instagram, Twitter, Yahoo Messenger, Skype dan lain-lain.

Sebagai Sarana Jual Beli

Digunakan sebagai media jual beli untuk pembeli dan penjual di media online seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan lain-lain

Sebagai Sarana Informasi

Digunakan sebagai media informasi dalam mencari dan melihat berita maupun informasi-informasi lainnya, seperti Wikipedia, Detikcom, Google dan lain-lain.

Penerapan Media Baru di Berbagai Situs Internet

Situs Informasi Kompas.com


Kompas.com merupakan portal berita online (media digital) bagian dari Kompas Gramedia, bersama dengan Tribunnews.com, Kontan.co.id, Grid.id, Gridoto.com, Bolasport.com, Sonora.id. Bersama media cetak harian Kompas, Warta Kota, jaringan suratkabar daerah Harian Umum Solopos, Tribun Jateng, Tribun Manado, Tribun Lampung, Tribun Jabar, Tribun Medan, Tribun Bali, Tribun Batam, Tribun Jogja, Tribun Pontianak, Tribun Timur, Tribun Pekanbaru, Tribun Kaltim, update berita terkini, akurat, popular, terpercaya Indonesia dan dunia setiap hari, jam, menit, dan detik ke detik.

Situs Jejaring Sosial Kwikku


Kwikku adalah situs jejaring sosial buatan mahasiswa Indonesia jurusan Teknik Informatika di suatu perguruan tinggi negeri di Malang. Situs ini sempat santer tahun lalu karena beragam fitur yang ditawarkan, mulai dari kwikku e-learning yang memfasilitasi kelas online, mall kwikku sebagai marketplace dan juga blogging serta cloud computing.

Situs Pemasaran dan Penjualan Tokopedia


Tokopedia merupakan perusahaan perdagangan elektronik atau sering disebut toko daring. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara. Hingga saat ini, Tokopedia termasuk marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia.

Tokopedia turut mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara daring dengan Pemerintah dan pihak-pihak lainnya.

Dengan adanya situs-situs Media Baru di Indonesia yang semakin pesat ini kita sebagai masyarakat yang bijak pasti menggunakannya dengan sebaik mungkin dan mencintai segala Media Baru lainnya yang mungkin menjadi sarana produk-produk baru di negeri Indonesia ini.

Sumber:

Komentar

Postingan Populer